Assalamu'alaikum :) Terima kasih telah membuka Blog ini, silahkan membaca beberapa postingan Saya :) Semoga bermanfaat :))

Selasa, 02 September 2014

Posted by Alifiyah Rohmatul UMSIDA in | 5:57 PM No comments
MAC Address (Media Access Control Address)

 

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat vehicles Yang Mortality diimplementasikan lapisan data-link Dalam, Tujuh Model lapisan OSI, Yang merepresentasikan sebuah simpul tertentu Dalam, vehicles. Dalam, sebuah vehicles berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat Yang Unik Yang memiliki Panjang 48-bit (6 byte) Yang sebuah mengidentifikasikan Komputer, antarmuka Dalam, sebuah router, atau simpul TOTAL Dalam, vehicles. MAC Address juga sering disebut alamat Ethernet sebagai, alamat fisik, alamat hardware atau. 

MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat Dalam, vehicles agar dapat berkomunikasi ANTARA Satu Artikel Baru Yang TOTAL. Sebagai contoh gambar, Dalam, sebuah vehicles berbasis Teknologi Ethernet, setiap frame header Dalam, Ethernet mengandung INFORMASI mengenai MAC address bahasa Dari Komputer Sumber (source) Dan MAC address bahasa Dari Komputer tujuan (destination). Beberapa perangkat, seperti halnya bridge Dan switch Layer-2 Akan melihat Mortality INFORMASI alamat MAC Bahasa Dari Komputer Sumber Bahasa Dari setiap bingkai Yang besarbesaran Terima Dan menggunakan INFORMASI alamat MAC Suami untuk cara membuat "tabel routing" Dinamis secara intern. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel Yang baru Negara dibuat ITU untuk meneruskan bingkai Yang besarbesaran Terima pelabuhan sebuah Ke atau segmen vehicles tertentu di mana Komputer atau simpul Yang memiliki MAC address tujuan berada. 

Dalam, sebuah Komputer, MAC address ditetapkan Ke sebuah Kartu vehicles (network interface card / NIC) Yang digunakan untuk menghubungkan Komputer Yang bersangkutan Ke vehicles. MAC Address umumnya regular tidak dapat diubah KARENA telah dimasukkan Ke Dalam, ROM. Beberapa Kartu vehicles menyediakan Utilitas Yang mengizinkan pengguna untuk mengubah alamat MAC, meski HAL Suami kurang disarankan. Jika Dalam, sebuah vehicles terdapat doa Kartu vehicles alamat MAC Yang memiliki Yang sama, Maka Akan terjadi konflik alamat Dan Komputer pun regular tidak dapat saling berkomunikasi ANTARA Satu Artikel Baru TOTAL. Beberapa Kartu vehicles, seperti halnya alamat Kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC (regular tidak dimasukkan Ke Dalam, ROM), sebelum dapat digunakan. 

MAC address memang harus Unik, Dan untuk itulah, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok Dalam, alamat MAC. 24 bit Nuvifone Bahasa Dari alamat MAC merepresentasikan siapa pembuat Kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan Nomor Kartu tersebut. Setiap Kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan Artikel Baru menggunakan Enam digit heksadesimal Bilangan, sehingga menjadikan jumlah 12 digit Bilangan heksadesimal Yang merepresentasikan alamat MAC keseluruhan. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat Kartu vehicles ayal Dan Nomor identifikasi Dalam, MAC Address.


Vendor Nama
Alamat MAC
00 00 0C
00 00 1D
00 04 AC
00 20 AF
00 C0 A8
08 00 07
08 00 09

Agar ANTARA Komputer dapat saling berkomunikasi Satu Artikel Baru TOTAL, bingkai-frame vehicles harus diberi alamat Artikel Baru menggunakan alamat Layer-2 atau MAC address. Tetapi, untuk menyederhanakan KOMUNIKASI vehicles, digunakanlah alamat Layer-3 Yang merupakan alamat IP Yang Diposkan oleh digunakan vehicles TCP / IP. Protokol Dalam, TCP / IP Yang disebut sebagai Address Resolution Protocol (ARP) dapat menerjemahkan alamat Layer-3 menjadi alamat Layer-2, sehingga Komputer pun dapat saling berkomunikasi. 

Beberapa Utilitas vehicles dapat menampilkan MAC Address, yakni sebagai berikut:
§   IPCONFIG (Dalam, Windows NT, Windows 2000, Windows XP Dan Windows Server 2003).
§   winipcfg (Dalam, Windows 95, Windows 98, Windows Millennium Edition Dan).
§   / sbin / ifconfig (Dalam, Keluarga Sistem Restated UNIX) 

Berikut inisial adalah contoh gambar keluaran bahasa Dari perintah ipconfig Dalam, Windows XP Professional:

C: \> ipconfig / all

Konfigurasi IP jendela
  Host Name. . . . . . . . . . . . : Karma
  Primer Dns Suffix   . . . . . . . :
  Jenis Node. . . . . . . . . . . . : Unknown
  IP Routing Diaktifkan. . . . . . . . : Tidak
  WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : Tidak

Ethernet adapter loopback: Connection-specific DNS Suffix . :

   
  Deskripsi. . . . . . . . . . . : Microsoft Loopback Adapter
  Alamat Fisik. . . . . . . . . : 02-00-4C-4F-4F-50
  DHCP Diaktifkan. . . . . . . . . . . : Tidak
  IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.0.1
  Subnet Mask. . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
  Default Gateway. . . . . . . . . : 192.168.0.7

Berikut adalah contoh gambar inisial bahasa Dari keluaran perintah ifconfig di Linux 

$ Ifconfig eth0

eth0       Link encap: Ethernet   HWaddr 00: 13: d3: f1: 37: 8e  
          inet addr: 192.168.0.254   bcast: 192.168.0.255   Mask: 255.255.255.0
          BROADCAST MULTICAST   MTU: 1500   Metric: 1
          Paket RX: 0 errors: 0 menjatuhkan: 0 overruns: 0 frame: 0
          TX paket: 0 errors: 0 menjatuhkan: 0 overruns: 0 pembawa: 0
          tabrakan: 0 txqueuelen: 1000 
          RX bytes: 0 (0.0 B)   TX bytes: 0 (0.0 B)
          Interrupt: Alamat 27 Base: 0xa000 
MAC address adalah parameter Angka di Samping HWaddr 

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter