Assalamu'alaikum :) Terima kasih telah membuka Blog ini, silahkan membaca beberapa postingan Saya :) Semoga bermanfaat :))

Rabu, 22 April 2015

Posted by Alifiyah Rohmatul UMSIDA in , , | 1:37 PM No comments
        Fungsi dasar Switch adalah perangkat keras yang dipergunakan sebagai alat penghubung komputer-komputer dan periferal lain didalam sebuah Jaringan, dan merupakan pengembangan dari perangkat generasi sebelumnya yang kita kenal sebagai Hub. Switch dan Hub memiliki fungsi yang sama, yaitu mendistribusikan setiap paket data. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam performanya masing-masing.
           Kecepatan transfer data sebuah Switch adalah  10/100 Mbit/s  dengan menggunakan jenis kabel UTP Cat 5 dan 10/100/1000 Mbit/s untuk jenis kabel UTP Cat 6.
          Saat ini teknologi switch telah jauh berkembang dan memiliki berbagai macam varian yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kompleksitas sebuah jaringan. 
Berikut adalah jenis-jenis switch yang saat ini banyak dipergunakan dikalangan Home User hingga Level Enterprise:
  1. Unmanaged Switch          Merupakan tipe pilihan termurah dan biasanya digunakan di kantor atau bisnis kecil dan rumahan. Switch Jaringan Komputer ini melakukan fungsi dasar mengelola lalu lintas data antara printer atau periferal dengan satu komputer atau lebih.

  2. Managed Switch 

                  Menawarkan keunggulan yang lebih dengan memiliki User Interface atau menawarkan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan konfigurasi pada switch.  Keunggulan yang ditawarkan ole jenis switch ini adalah dapat melakukan segmentasi pada jaringan dengan konsep VLAN yang bermanfaat untuk memberikan keamanan lebih pada sebuah jaringan, Memudahkan pengguna untuk melakukan pemantauan dan pemeliharaan network traffic.






cr :http://ruang-it.com/jenis-fungsi-switch/

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter